Inspirasi Jumat ini – Energi Negeri Kami yang Tak Pernah Habis !

Indonesia, negeri tercinta yang penuh misteri sekaligus anugrah dari Sang Pencipta. Betapa indahnya negeri ini, sungguh sebuah suguhan yang tidak kunjung habisnya.

IMG00174-20140606-1307

Jumat kemarin tepat tanggal 7 Juni 2014, sekitar 10 orang anak-anak mahasiswa STKIP-Surya melakukan field trip mengunjungi pameran teknologi terkini di bidang pertambangan, dan energi terbarukan. Kebanyakan diantara para pengisi pameran merupakan sebuah lembaga non-profit seperti badan regulasi kementrian, badan pengawas, serta perusahaan perusahan yang terkait dalam bidang energi, baik itu pertambangan (mining) ataupun perusahaan inovasi energi bersih, bahkan perusahaan pembuat turbin penghasil listrik.

Rata-rata diantara mereka yang hanya memberikan informasi mengenai profil perusahaannya (maklum sebagai mahasiswa keguruan mana tahu yang macam itu, walaupun sedikit , malu juga kalo sotoy 🙂 ).

IMG00183-20140606-1418

Kesempatan untuk bertanya hal-hal unik mulai terbuka saat banyak pua mahasiswa disana yang datang berkunjung. Melihat teman-teman mahasiswa, sepertinya mereka memiliki motif lain dibalik kinjungannya hari itu. Hahahaha souvenir dari perusahaan sampai goody bag berisi berbagai alat keperluan kantor bahkan botol minum dan baju kaos telah memotivasi teman-teman saat itu. Tidak dipungkiri memang, kesempatan untuk mendapatkan hadiah kapan lagi donk ….

IMG00182-20140606-1418

Selain souvenir yang menjadi buah tangan hari itu. Ilmu kami pun banyak bertambah. Ada satu stand kementrian yang cukup menarik perhatian saya. Dan itu merupakan sebuah lembaga pembuat regulasi mengenai bioenergi. Cukup seru pembicaraan yang kami buat sore itu. Menjadikan kami semangat untuk membangun energi terbaru dan terbarukan, walaupun sekedar gagasan dan ide yang tercetak ke poster atau abstrak sebagai paper yang notabene adalah mahasiswa kependidikan. Lucu sih, tapi tidak ada yang melarang bukan.

Pembicaraan kami saat itu membahas tentang keunggulan bioenergi dibandingkan minyak bumi. Sebagai badan pengatur keberadaan bahan itu, mereka masih dalam tahap penyesuaian untuk penerapan energi bio tersebut. Mereka cukup konsen dengan biesel, meskipun juga sedikit perhatiannya di bioethanol. pokoknya pembicaraan sore itu sangat seru. Mbak-mbaknya juga kayaknya kebawa suasana jadi semangatnya pol hahahaha. Pembicaraan itu cukup memankan waktu. Kebetulan hari itu merupakan hari terakhir pameran EBTKE di JCC untuk tahun 2014 kali ini.

IMG00177-20140606-1314

Perbedaan ilmu tidak membuat kami sebagai mahasiswa untuk berhenti mencari ilmu yang berbeda. Perbedaan itu membuat kami kaya, akan pengetahuan yang mampu membuat kami menjadikan lebih bijak untuk bertindak. Contohnya dari pameran tersebut, kami tahu mana energi yang baik untuk lingkungan, dan mana pula yang nantinya akan kesulitan untuk dicari. Menghemat pemakaian energi juga akan menjadi konsen bagi setiap masyarakat. Sebab itu penting buat kita selaku umat manusia sebagai khalifah di bumi dan alam semesta ini.

Perjalan hebat di hari jumat, sungguh manis mengukir benak dan pola pikir tentang energi di negeri ini yang tidak akan pernah habis. Terima kasih Tuhan atas kasih dan anugrah-Mu yang tiada tara ini. Dan tidak lupa ada stand yang memberikan Capucino Ice yang lumayan kurang gula, ahahahha Terima kasih kopinya 🙂 .

IMG00180-20140606-1333

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s