Apa itu HTML?

Gambar

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. HTML merpakan file teks yang ditulis menggunakan aturan -aturan kode tertentu untuk kemudian yang ditulis akan disajikan ke user melalui suatu aplikasi web browser. Setiap informais yang tampil di web selalu dibuat menggunakan kode HTML. Oleh karena itu, dokumen HTML sering disebut juga dengan web page. Untuk membuat dokumen HTML, kita tidak tergantung dengan aplikasi tertentu, melainkan hanya membutuhkan aplikasi sejenis Text Editor, layaknya Notepad untuk lingkungan windows.

Agar lebih mudah dalam membuatdokumen HTML, sekarang telah banyak tersedia aplikasi HTML Editor. Kode HTML pun dari suatu halaman web dapat kita lihat dengan menggunakan web browser. Caranya dengan memilih menu View-Source( IE) dan VIew-PAge Source(Mozilla).

Biasanya dokumen HTML itu berekstensi “.html” atau “.htm” contohnya seperti CUrhat.htm , Produk.html dan apapun itu yang penting dibuat di aplikasi Text Editor kemudian ditambah “.htm” atau “.html” diakhir judul.

secara umum dokumen HTML terbagi dua yakni kepala(Header) dan badan(body). Bagian Header biasanya diawali dengan tag <head> dan diakhiri dengan </head>, sedangkan untuk body biasanya diawali dengan tag <body> dan diakhiri dengan </body. Kedua bagian itu pun harus diapit dengan tag <html> dan diakhiri dengan </html>

Gambar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s